Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Sabtu, 04 Januari 2020

Kandang Closed House dan bagian bagiannya



(Sumber gbr: dok.Alatternakayam.com)
Pada dunia peternakan kandang merupakan bangunan yang merupakan kompoen penting dalam melakukan usaha.  Ada banyak tipe kandang pada pemeliharaan ayam berdasrkan lantainya misalnya kandang postal, cage/bateray dan  panggung.  Fungsi utama dari kandang adalah agar ternak tidak berkeliaran mudah memantau dan melakukan perawatan.  Berikut adalah beberapa fungsi kandang :
  1. Sebagai tempat tinggal ternak dan tempat bekerja peternak
  2. Menjaga keamanan ternak dari pencurian
  3. Memudahkan pengelolaan ternak dalam proses produksi misalnya pemberian pakan dan minum, pengelolaan kotoran atau limbah,  perkawinan, pemanenan dan lain-lain
  4. Melindungi ternak dari perubahan cuaca dan iklim yang ekstrim misal panas, hujan dan angin.
  5. Melindungi ternak dari gangguan binatang buas dan penularan penyakit dari luar

Pembuatan kandang  tidak boleh sembarangan ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan antara lain dari segi teknis, ekonomis, efisiensi pengelolaan, kesehatan kandang (adanya ventilasi, penanganan limbah) dan kesehatan lingkungan. Disamping persyaratan kandang juga sebelum membangun kandang perlu mengkajinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang yaitu sebagai berikut :
  1. Letak kandang jauh dari pemukiman penduduk
  2. Tidak dilewati lalulintas umum
  3. Kandang hendaknya terbuat dari bahan yang murah tetapi kuat dan tahan lama, serta mudah didapatkan
  4. Kandang mudah dibersihkan
  5. Sinar matahari dapat masuk kedalam kandang
  6. Pertukaran udara didalam kandang berlangsung dengan baik

Pertimbangan memilih lokasi kandang juga harus perlu diperhatikan yaitu antara lain :
  1. perlu memperhatikan arah sinar matahari, arah angin, aliran air dan penempatan kandang sesuai umur.
  2. Ketersediaan sumber air, untuk minum, memandikan ternak (ruminansia) dan membersihkan kandang
  3. Dekat dengan sumber pakan (bangunan gudang/ketersediaan pakan didaerah tersebut)
  4. Lokasi lebih tinggi dari daerah sekitarnya, untuk memudahkan pembuangan limbah dan menghindari genangan air ketika hujan
  5. Kemudahan akses transportasi dalam proses produksi maupun pemasaran
  6. Tidak mengganggu kesehatan lingkungan
  7. Jarak kandang dengan kandang minimal 10m, jarak kandang dengan kantor/rumah minimal 25m dan jarak dengan pemukiman minimal 1 km.
  8. Tersedia area perluasan jika diperlukan


A. Mengenal tipe kandang berdasarkan kontruksi dinding
Berdasarkan konstruksi dindingnya kandang dibagi beberapa macam antara lain yaitu :
  1. Tipe dinding setengah terbuka, yaitu setengah dinding berupa tembok/papan setengah keatasnya terbuka atau menggunakan ram kawat atau bilah bambu
  2. Tipe dinding  terbuka semua sisi (Opened house)
  3. Tipe dinding tertutup semua sisi (Close house)

Berdasarkan iklim kandang dibedakan menjadi Iklim natural (openhouse) dan iklim terekayasa (close house).  Kandang tipe Open House (baik dinding setengah terbuka/terbuka semua) adalah salah satu tipe kandang yang masih banyak digunakan di Indonesia yang masih mengandalkan topografis dan kondisi lingkungan baik berupa kandang panggung maupun kandang postal. Para peternak banyak memilih kandang tipe ini karena biaya pembangunan kandang yang relatif lebih murah dari pada tipe close house. Selain itu, perlengkapan yang diperlukan juga tidak memerlukan teknologi yang rumit sehingga dapat memotong biaya untuk TS (Technical Support) yang harus memonitor peralatan dalam kandang. Kandang biasanya terbuat dari kawat burung atau bambu sehingga angin dapat masuk dan ada sirkulasi udara di dalam kandang. Kandang tipe ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar.
Karena kandang ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar, maka akan sangat berpengaruh pada ternak yang dipelihara. Jika kondisi luar terlalu lembab, terlalu panas, atau terlalu dingin, maka pertumbuhan dan kesehatan ayam pun akan terpengaruhi dan berujung pada produktivitas yang tidak maksimal.
Untuk mengatasi masalah ini, para peternak dapat mengatur kondisi dalam kandang untuk meminimalkan dampak negatif dari kondisi di luar. Cara-cara tersebut seperti mengatur jarak antar kandang, lebar dan ketinggian kandang, serta ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara. Kali ini kita akan membahas tentang kandang tipe nomer 3 yaitu kandang tipe dinding tertutup semua sisi atau Close house.


B.   Kandang Close House
Kandang tipe close house adalah tipe kandang yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju. Tipe kandang ini dapat mengontrol kondisi dalam kandang sehingga ayam dapat dipelihara secara maksimal. Cara mengontrol kondisi di dalam kandang adalah lewat heater dan fan yang dipasang pada kandang. Dengan fan yang dipasang, kandang dapat mengeluarkan udara panas di dalam kandang sehingga dapat menghasilkan tingkat kelembaban dan temperatur yang sesuai dengan ayam. Tingkat stress pada ayam juga dapat berkurang karena pemeliharaan dilakukan secara otomatis oleh alat sehingga mengurangi kontak ayam dengan manusia. Awal mulanya sistem Closed House diterapkan di daerah sub-tropis yang memiliki empat musim, namun dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa, di daerah tropis yang memiliki dua musim seperti Indonesia juga memberi pengaruh yang efektif dalam mengatur kondisi lingkungan yang dibutuhkan ayam.
Berdasarkan kelengkapan peralatanya kandang close house dibedakan menjadi :
  1.  Sistem Tunnel : menggunakan fan dan tirai tanpa cooling system.
  2.  Full closed house : ada fan, cooling system dan tirai/penutup dinding samping.
  3.  Full otomatic closed house.

Pada sistem 1 dan 2 umumnya menggunakan alat pakan dan minum manual atau tempat pakannya saja manual sementara air minum menggunakan bell drinker. Pada sistem 3, closed house dengan perlengkapan serba otomatis termasuk alarm sistemnya.
Berdasarkan arah pergerakan udaranya kandang close house dibedakan menjadi 2 yaitu tipe tunnel (terowongan) dan tipe cross flow.
  • 1.    Closed house tipe tunnel


(Gambar menyusul)
Tipe inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tunnel atau terowongan, kandang tertutup tipe ini digambarkan seperti terowongan dimana udara akan masuk dari bagian depan (inlet) dan akan ditarik ke belakang mengalir sepanjang kandang dan dikeluarkan dengan bantuan exhaust fan. Tipe tunnel ini pun dibagi menjadi dua, yaitu tunnel dengan menggunakan cooling pad (full closed house) dan tanpa cooling pad (semi closed house). Biasanya full closed house digunakan untuk daerah dengan tingkat kelembapan rendah dan suhu tinggi. Sedangkan semi closed house biasanya merupakan hasil upgrade dari kandang open house dan ingin mencoba beralih ke kandang closed house. Pada Sistem Tunnel dibuat dengan tujuan agar keadaan lingkungan luar seperti udara panas, hujan, angin dan intensitas cahaya matahari tidak berpengaruh banyak terhadap keadaan di dalam kandang. Sebagian besar kandang dibuat tertutup dengan tembok, seng atau layar, kecuali bagian ujung kandang untuk udara masuk (inlet) dan bagian ujung kandang lainnya untuk tempat kipas/exhaust fan (outlet), sehingga kondisi udara dalam kandang tergantung pada kondisi udara lingkungan. Sistem Tunnel lebih cocok untuk kandang di dataran tinggi (pegunungan) karena udaranya relatif bersih dan sejuk, sedangkan untuk kandang di dataran rendah (pantai) sebaiknya dipakai ‘Sistem Colling Pad’, di mana udara yang masuk dalam kandang disedot oleh kipas melalui bantalan (pad) khusus yang dialiri air hingga suhu dan kelembaban udara yang masuk disesuaikan dengan kebutuhan ayam.
  • 2.    Closed house tipe cross flow 

(Gambar menyusul)
Exhaust fan dipasang di sepanjang sisi kandang, dan inlet pada setiap sisi yang berseberangan, sehingga udara bergerak tegak lurus terhadap panjang bangunan. Jenis ini menghasilkan kecepatan angin yang rendah dan banyak digunakan saat fase starter dan di daerah bersuhu rendah.

C.   Tujuan membangun kandang closed house, manfaat kelebihan dan kelemahannya
Permasalahan klasik yang terjadi di kalangan peternak rakyat yang masih menggunakan kandang terbuka adalah:
  1. Permasalahan sosial (lalat, bau, pencemaran tanah, dsb)
  2. Pemanasan Iklim Global (Global Warming)
  3. Sulitnya mencari lokasi produksi dengan iklim makro yang pas (agar ayam nyaman)
  4. Genetik ayam modern mulai tidak kompatibel dengan kandang ayam terbuka (ayam sekarang mudah mati jika dibesarkan di kandang terbuka)

Kebanyakan peternak di Indonesia, masih belum memahami bahwa terdapat sebuah teknologi yang sudah berkembang sejak tahun 80-an untuk membuat sebuah kandang ayam menjadi profitable dan dapat berkesinambungan dalam jangka panjang. Kandang tersebut bernama kandang tertutup atau dikenal di indonesia dengan nama Close House.
Tujuan membangun kandang broiler sistem closed house adalah:
  1. Untuk menyediakan udara yang sehat bagi ternak (sistem ventilasi yang baik) yaitu udara yang menghadirkan sebanyak-banyaknya oksigen, dan mengeluarkan sesegera mungkin gas-gas berbahaya seperti karbondioksida dan amonia.
  2. Menyediakan iklim yang nyaman bagi ternak. Untuk menyediakan iklim yang kondusif bagi ternak dapat dilakukan dengan cara: mengeluarkan panas dari kandang yang dihasilkan dari tubuh ayam dan lingkungan luar, menurunkan suhu udara yang masuk serta mengatur kelembaban yang sesuai. Untuk menciptakan iklim yang sejuk dan nyaman maka bagi ayam harus dikondisikan chilling effect (angin berembus), alat yang digunakan seperti kipas angin (blower). Bila chilling effect tidak mampu mencapai iklim yang diiginkan terutama pada daerah yang terlampau panas maka dapat digunakan cooling system. Yaitu sistem pendingin dengan mengalirkan air pada alat-alat yang berupa cooling pad, cooling net stsu cell deck.
  3. Meminimumkan tingkat stress pada ternak. Agar tingkat stress pada ayam lebih minimun maka dapat dilakukan dengan cara mengurangi stimulasi yang dapat menyebabkan stress, dengan cara mengurangi kontak dengan manusia (misalnya dengan feeder dan drinker otomatis, vaksinasi dengan spray dll), meminimumkan cahaya dan lain-lain.

Beberapa keuntungan menggunakan kandang Closed House antara lain,
1.    Meningkatkan kepadatan ayam tanpa mendirikan bangunan baru.
2.    Ayam lebih tenang, segar dan nyaman.
3.    Udara yang tersedia lebih baik.
4.    Meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ayam.
5.    Mengurangi jumlah tenaga kerja (man power).
6.    Suhu lebih dingin.
7.    Ayam tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca lingkungan.
Namun, walau merupakan solusi primer bagi peternak ayam Indonesia, kandang close house memiliki 3 (tiga) kelemahan dasar, yaitu:
1.    Mahal
2.    Serakah Daya Listrik (membutuhkan daya listrik sekitar 1.5 watt 3-phase per ekor)
3.    Membutuhkan Driver Iklim Terlatih.

D.   Bagian bagian kandang closed house
Bagian bagian kandang closed house hampir sama dengan kandang pada umumnya.  Struktur umum kandang broiler sistem closed house dan perlengkapanya :
  1. Bangunan kandang: baik bangunan baru maupun renovasi kandang.
  2. Kipas/fan: dapat terdiri dari exhaust fan, blower fan, ceiling/roof fan ataupun wall fan.
  3. Material cooling dan perlengkapannya: celpad/evaporative pad, material cooling lainnya ataupun fogging system.
  4. Dinding kandang: dapat berupa solid wall, tirai/curtain system dan celing material.
  5. Filter cahaya/light filter/light trap
  6.  Air inlet
  7. Lighting system
  8. Control panel + electrical system

Kelengkapan kandang closed house dapat dibedakan menjadi alat utama dan alat penunjang. 
a)    Alat utama
(Gambar menyusul)
1.    Exhaust Fan
Alat ini fungsinya menhisap udara dari dalam kandang, ada dua ukuran yaitu 36 dan 50 inch, pebedaannya sebagai berikut
Daya hisap : yang 38 inch 32.000 m3/jam yang 50 inch 44.500 m3/jam
Power         : yang 38 inch 750 watt yang 50 inch 1200 watt
ukuran                    : yang 38 inch p x l adalah 106 cm x 106 cm yang %0 inch 138 x 138
Kipas (fan) merupakan alat yang menciptakan pergerakan udara. Secara umum, terdapat 2 jenis kipas yaitu exhaust fan dan blowing fan.  Exhaust fan berfungsi menyedot angin dan blowing fan berfungsi untuk meniup angin. Daya dorong blowing fan sangat terbatas, yaitu maksimal sejauh 12 meter oleh blowing fan 36 inch berkapasitas 20.700 m3/jam pada tekanan 50 Pa. Oleh karena itu sistem closed house menggunakan exhaust fan. Parameter yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian kipas adalah jumlah kipas yang menyala dan lama waktu kipas menyala. Pemilihan kipas yang tepat sangat diperlukan agar menghasilkan kecepatan udara dan temperatur yang sesuai dengan konsumsi daya listrik yang minimal.

(Gambar menyusul)

2.    Celldeck / Colling pad
Alat ini berfungsi sebagai inlet udara. untuk mencapai suhu yang dikehendaki alat ini di aliri air pada saat dibutuhkan.  Collibng pad mempunyai berbagi ukuran yaitu ada yang tingginya 150 cm ada yang 180 cm, Ada yang lebar 30 ada yang 60 cm. Ketebalan sama 15 cm. Untuk mencapai kondisi yang ideal harus hitung secara tepat berapa m2 kebutuhan celldecknya.  Evaporative cooling pad adalah alat pendingin udara yang memanfaatkan penguapan air. Evaporative cooling pad dihubungkan dengan pompa yang akan membasahinya dengan air. Ketika udara panas dari luar kandang memasuki cooling pad, air akan mengambil energi panas dari udara sehingga air akan menguap (proses evaporasi) dan mengakibatkan turunnya temperatur udara yang masuk ke dalam kandang. Peternak tidak dianjurkan membasahi cooling pad saat kelembapan >75%, karena akan menambah kelembapan kandang.  Evaporative cooling pad juga berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke kandang. Sekat-sekat cooling pad mencegah pengotor udara (berukuran besar) untuk masuk ke dalam kandang, sehingga udara masuk menjadi lebih bersih.



3.    Controller
Alat ini fungsinya mengatur sistem kandang close bisa dibilang ini adalah otaknya close house. Fungsi teknisnya adalah mengatus kapan kipas jalan dan kapan colling pad dialiri air untuk mencapai kondisi yang diingikan.
Controller atau disebut climate controller adalah alat untuk mengendalikan suhu dan kelembapan dalam kandang. Alat inilah yang seringkali disebut sebagai “otak”nya closed house. Controller ini bisa diprogram sedemikian rupa dengan target membuat suasana kandang, yaitu suhu dan kelembapan nyaman bagi ayam. Controller akan mengatur nyala atau matinya kipas (exhaust fan) maupun pompa pada evaporative cooling pad.

(Gambar menyusul)

4.    Tirai Kandang
Fungsinya untuk menutup samping kandang (tirai samping) dan untuk plavon. Ukuran tirai ini 2 x 100 m per rol.  Tirai kandang merupakan penutup sisi kandang sehingga ayam terlindung dari gangguan luar. Selain itu, tirai kandang juga bermanfaat untuk :
Membantu mempertahankan suhu udara dalam kandang (terutama saat masa brooding)
1.    Mencegah percikan air hujan
2.    Menyediakan ventilasi darurat jika listrik mati (kipas mati)
3.    Menghasilkan tekanan statis yang dibutuhkan dalam sistem closed house
Tirai kandang dipadukan dengan sistem winch (katrol), untuk memudahkan menaikkan atau menurunkan tirai dengan cepat, cukup dengan seorang operator.
b)    Alat Penunjang
Alat ini tidak wajib ada diperlukan untuk mempermudah pekerjaan anak kandang


1. Hand Winch
Secara awam dapat dijelaskan bahwa Wire Rope Pulling Hoist atau Tirfort adalah perangkat yang berguna untuk mengangkat barang atau beban dengan bantuan Wire Rope (Tali Kawat Seling).  Alat ini fungsinya sebagai katrol untuk menaikkan tirai samping kandang.
(Gambar menyusul)

2. Curt O Matic
Alat ini berfungsi untuk menurunkan tirai secara otomatis jika listrik mati (emergency). alat ini tidak mesti ada dengan asumsi kandang dijaga anak kandang atau karyawan yang sewaktu waktu jika listrik mati bisa menurunkan tirai secara manual.

(Gambar menyusul)

3. Instalasi pakan dan minum otomatis
Apa tipe kandang closed house full otomatis pengaturan pakan dan minum dapat secara otomatis. Alat dirancang menggunakan beberapa komponen utama diantaranya Arduino UNO, Sensor DHT11, RTC, Rangkain relay, Servo, Selenoid valve dan lampu. Mikrokontroler Arduino Uno digunakan sebagai pusat kendali otomatis sistem keseluruhan pada alat. Pada sistem pemberian pakan untuk mengontrol servo dilakukan dengan memanfaatkan kanal PWM yang ada pada arduino, mikrokontroler dimanfaatkan juga sebagai input pembacaan sensor suhu yang kemudian digunakan sebagai pengatur hidup/mati lampu penghangat, selain itu mikrokontroler digunakan untuk mengontrol solenoid valve pada sistem pemberian minum. Dengan demikian alat dapat bekerja secara otomatis dalam pemberian pakan, minum dan menstabilkan suhu kandang ayam.

Sumber :

2 komentar:

  1. Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA,"  dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.

    Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.

    Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com,  ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .

    BalasHapus
  2. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Perusahaan___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates