Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Sabtu, 01 April 2017

Ayat dan Surat dalam Al Qur'an yang berkaitan dengan Ternak


Banyak alasan seseorang menekuni bidang tertentu dalam hidupnya, dapat karena hobby, karena belajar dan ada juga yang terpaksa menjalani karena itulah yang dapat menghasilkan rejeki untuk kelangsungan hidupnya.  Semua bidang usaha itu baik tergantung dengan bakat dan keahlian masing-masing,  yang utama bidang usaha tersebut tidak bertentangan dengan syariat agama kita.   Sebelum era teknologi seperti sekarang ini mata pencaharian manusia pada awalnya adalah berburu dan bercocok tanam. Jadi ilmu peternakan adalah bidang ilmu yang lumayan tergolong tua. Seiring dengan perkembangan jaman peternakan juga menggunakan teknologi sebagai inovasi yang salah satunya juga bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup hewan dan menjaga kelestarian mahluk hidup, coba bayangkan apabila hewan selalu diburu tanpa dibudidaya atau dilestarikan kembali, sedangkan manusia semakin bertambah populasinya.   
Inilah ayat-ayat yang memotivasi kita untuk memajukan peternakan, dalam Al-Quran banyak dijelaskan tentang ayat binatang ternak,

Al-Imran ayat 14:
“ Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempun-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenagan di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.
Al-anam 138:
“Dan mereka berkata (menurut anggapan mereka) “inilah hewan ternak dan hasil bumi yang dilarang, tidak boleh dimakan, kecuali oleh orang yang kami hendaki.” Dan ada pula hewan yang diharamkan (tidak boleh) di tunggangi, dan ada hewan ternak yang (ketika disembelih) boleh tidak menyebut nama  Allah, itu sebagai kebohongan terhadap Allah. Kelak Allah akan membalas semua yang mereaka ada-adakan”
Al-anam  ayat  142
“Dan diantara hewan-hewan ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada pula yang untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepada mu, dan janganlah kamu mengikuti langkah –langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”
Al-anam ayat 143
“Ada delapan hewan ternak yang berpasangan (empat pasang), sepasang domba dan sepasang kambing . Katakanlah, “Apakah yang diharamkan Allah dua yang jantan atau dua yang betina atau ada yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Terangkanlah kepadaku berdasar pengetahuan jika kamu orang yang benar.”
 Al-anam ayat 145
“Katakanlah, “Tidak ku dapati di dalam apa yang diwahyukan kepada ku, sesuatu yang diharamkan memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangakai), darah yang mengalir , daging babi. Karena semua itu kotor atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah. Tetapi barang siapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh, Tuhan mu maha pengampun, Maha penyayang.”
Al-anam ayat 146
“Dan kepada orang-orang  yahudi, kami haramkan semua (hewan) yang  berkuku, dan kami haramkan kepada mereka lemak sapid an domba, kecuali yang melekat  di punggungnya, atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah kami menghukum mereka karena kedurhakaannya. Dan sungguh, kami maha benar.”
 Al-hajj ayat  28
Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk merekadan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang dia berikan kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”
 Al-Hajj ayat 37
“Daging hewan kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukannya untuk mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang dia berikan kepada mu dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Kemudian surat yang diberi nama dengan nama ternak/hewan
Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
Surat Al An’ aam (Binatang Ternak)
Surat An Nahl (lebah)
Surat An Naml (Semut)
Surat Al Fill (Gajah)
Begitu istimewanya peternakan dimata islam, bahkan sebagian besar para nabi adalah peternak, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mencintai dunia peternakan. Karena memang sudah dicontohkan oleh para nabi dan rosul dari yang terdahulu hingga ke nabi agung Muhammad SAW. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates