Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Minggu, 12 Maret 2017

The Story of Junior Cowboy : Lulus dari SMK, mau ngapain ya?



Setelah lulus SMK, Teddy galau mau ngapain
Waktu pelajaran dulu pak guru menerangkan tanda-tanda birahi itu 3A, sekarang teddy galau milih jalan mana dulu yang akan dilewati 3K (Kerja, Kuliah atau KUA).
“Gak usah bingung dunk Ted, tujuan kamu masuk jurusan Peternakan apa?”
“Karena aku sayang samo binatang, karena aku ingin dari pengusaha, Bro tapi aku bingung mau ngapain?”
“Ada banyak sekali kok ted peluang kamu setelah lulus dari Jurusan Agribisnis Ternak Unggas”

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan sekolah yang identik dengan pencetak orang-orang yang handal didunia kerja.  Ada banyak sekali paket keahlian yang ada di SMK yang dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu.  Mulai dari jurusan kecantikan sampai teknik, namun tidak semua sekolah kejuruan terdapat paket kehalian yang sama, tergantunng wilayah dan besarnya sekolah tersebut. Jurusan agribisnis ternak unggas adalah salah satu jurusan langka karena tidak semua sekolah ada jurusan ini bahkan dalam satu provinsi Cuma ada beberapa sekolah saja.
Lantas kalau kamu lulus dari  jurusan ini bagaimana sih peluang kerjanya?  Jangan khawatir ada banyak sekali pekerjaan yang tersedia untuk kamu yang berasal dari jurusan peternakan semasa masih ada yang namanya manusia dunia peternakan pasti ada, syaratnya kalau ada kemauan. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan untuk kamu yang berasal dari jurusan peternakan:
1.       Pengusaha di Bidang Peternakan
Inilah jenis pekerjaan yang menjadi idaman kita dan pemerintah (baca:sekolah). Pengusaha atau wiraswasta atau orang menyebutnya owner adalah peluang bagi lulusan SMK yang mempunyai jiwa entherpreunership yang tinggi, berani menanggung resiko, gigih dan suka bekerja keras kalo modal dana bukan utama walaupun lulusan  yang memilih untuk jalan ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.  Pengusaha (peternak) harus memiliki minimal 3T  (Teliti, Tekun dan Tandon/Tangguh), pengusaha ternak sangat berperan bagi kemajuan pembangunan peternakan di Indonesia.

2.       Bekerja di Perusahaan Peternakan
Ada banyak sekali perusahaan peternakan yang ada di Indonesia, dari perusahaan hulu sampai hilir.  Ada perusahaan penyedia sapronak, pembibitan, hatchery, budidaya, pengolahan, pemasaran, kemitraan, penyedia pakan, perusahaan obat hewan dan lain-lain. Dari perusahaan raksasa kelas dunia sampai milik perseorangan.

3.       Bekerja di instansi pemerintah (Dinas Peternakan/Kementerian Pertanian)
Hampir  disetiap kabupaten pasti ada instansi yang membidangi masalah peternakan, ada dinas pertanian peternakan dan perikanan, ada UPTD Balai Inseminasi Buatan, ada Kelompok Penyuluh dan lain-lain.  Di tingkat pusat juga ada Kementerian Pertanian yang tersebar diseluruh Indonesia. Bagi lulusan SMK peternakan yang ingin bekerja di instansi jalur masuknya melalui tes/recruitment CPNS.

4.       Mendirikan Poultry Shop
Bagi yang memiliki jiwa wira usaha juga dapat mendirikan took yang menjual sapronak, misal alat-alat peternakan, pakan, obat-obat hewan dll. Tidak sedikit yang sukses dengan mengelola poultry shop. Dibandingkan dengan yang bergerak dibidang budidaya sector ini mempunyai tingkat resiko yang jauh lebih rendah dengan keuntungan yang tidak kalah menggiurkan.

5.       Menjadi produsen pakan
Bermodal ilmu yang didapat cukuplah untuk menjadi produsen pakan ternak dengan memanfaatkan bahan pakan yang banyak terdapat disekitar kita. Keuntungan terbesar usaha ternak terdapat pada pakan. Siapa yang dapat membuat pakan dengan kualitas baik dan harga murah disitulah peluang untuk menghasilkan keuntungan di dunia peternakan.

6.       Menjadi tenaga setengah ahli tingkat menengah dibidang peternakan
Banyak sekali bagian pekerjaan di bidang peternakan yang memerlukan skill atau keahlian yang tidak  dimiliki oleh lulusan SMK jurusan lain antara lain : Inseminator, vaksinator, pengawas timbangan, asisten PPL, penyuluh peternakan, mandor farm, pekerja di kebun binatang, dll.

7.       Melanjutkan Kuliah
SMK dapat dikatakan adalah adik dari perguruan tinggi karena jurusan yang terdapat di SMK ada di perguruan tinggi. Berbeda dengan lulusan SMA, lulusan SMK sudah mempelajari ilmu yang sama dengan yang ada di perguruan tinggi Cuma kedalamannya aja yang berbeda.  Jadi lulusan SMK jika melanjutkan kuliah tinggal memperdalam saja.  Ada banyak pilihan program studi yang dapat diambil yang linier dengan jurusan peternakan di SMK yaitu antara lain:
-          S1 Peternakan (Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan)
-          Kedokteran Hewan
-          D3 Peternakan
-          D3 Kesehatan Hewan

Wah sekarang Teddy sudah tau ternyata banyak sekali peluang kerja yang dapat dipilih oleh lulusan SMK jurusan peternakan.  Baru tau ternyata jurusan peternakan memegang peranan yang sangat strategis ya? Gizi masyarakat tergantung oleh dunia peternakan coba lihat disepiring nasi yang akan kita makan ternyata produk peternakan yang paling mahal.  Teddy sekarang tidak galau lagi, mari kita bangun dunia peternakan kita sekarang juga. Kapan lagi dan siapa lagi kalau bukan kita! SMK bisa! SMK hebat! Livestock Jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates