Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Rabu, 08 Februari 2017

Menghitung nilai resistor dengan gelang warna


Resistor adalah salah satu komponen elektronik yang paling banyak digunakan. Resistor sering juga disebut hambatan karena merupakan komponen dalam rangkaian listrik yang berfungsi untuk menghambat aliran listrik. Hambatan yang terdapat dalam resistor memiliki satuan Ohm atau sering ditulis dengan omega (Ω). Resistor memiliki lambang R dan dalam gambar rangkaian listrik resistor digambarkan seperti sandi rumput, yang naik turun zigzaz dengan tajam seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Dalam bentuk komponen listrik, nilai hambatan yang ada dalam resistor biasanya “ditulis” dengan menggunakan Gelang-gelang berwarna, mulai dari 4 warna, 5 warna dan 6 warna. Konsep penggunaan warna tersebut pada dasarnya sama aja, hanya untuk yang enam warna ditambahkan lagi dengan koefisien suhu. 
1.    Pada resistor dengan 4 warna , warna Gelang 1 dan 2 menunjukkan koefisien nilai, Gelang 3 sebagai pengali (multiplier), dan Gelang ke-4 sebagai ambang batas toleransi.
2.    Pada resistor dengan 5 warna , warna Gelang 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, Gelang 4 sebagai pengali (multiplier), dan Gelang ke-5 sebagai ambang batas toleransi.
3.    Pada resistor dengan 6 warna , warna Gelang 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, Gelang 4 sebagai pengali (multiplier), dan Gelang ke-5 sebagai ambang batas toleransi sedangkan Gelang ke enam sebagai koefisien suhu/termal.
Berdasarkan warna Gelang maka akan ditentukan berapa nilai resistor sebenarnya. Pada dasarnya akan dibutuhkan minimal 2 buah Gelang terakhir untuk Gelang pengali dan toleransi serta Gelang koefisien suhu khusus untuk 6 warna. Jadi bila dipetakan maka akan terlihat sebagai berikut :




Adapun nilai untuk warna Gelang dapat dilihat pada tabel berikut :
0


1
2
3

4

5

6

7


8


9








Bila Gelang berfungsi sebagai multiplier maka nilainya adalah 10 pangkat angka Gelang. Misal Gelang hitam=0, sebagai multiplier nilainya adalah 100 = 1. Gelang orange=3, sebagai multiplier nilainya adalah 103 = 10k. Gelang hijau=5, sebagai multiplier nilainya adalah 105, dst.
Untuk lebih jelasnya bagaimana Gelang-gelangter sebut memberikan maksud berapa nilai sebuah resistor berdasarkan lingkaran Gelang-gelangyang ada maka akan langsung kita coba praktek menghitung nilai resistor mulai dari yang menggunakan 4 warna hingga resistor 6 warna.


Menghitung Hambatan Resistor 4 Warna
Misalkan kita memiliki resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut.


Menghitung Hambatan Resistor 5 Warna
Misalkan kita memiliki resistor lain dengan 5 Gelang warna pada resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut.



Menghitung Hambatan Resistor 6 Warna
Seperti kedua contoh sebelumnya. Misalkan kita memiliki resistor lain dengan 6 Gelang warna pada resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut.


Apabila kita punya alat multimeter kita juga bisa mengetahui nilai resistor dengan menggunakan alat yang disebut multimeter atau multitester, baik yang digital atau indicator jarum. Pada kesempatan laen nanti kita bahas mengecek nilai resistor menggunakan multimeter



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates