Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Jumat, 10 Februari 2017

Bioscurity, sanitasi dan desinfektan



Pengertian Biosecurity Menurut asal bahasanya biosekurity dari kata bio dan security, bioartinya hidup dan security artinya perlindungan atau pengamanan. Jadi kalau di gabungkan biosecurity adalah sejenis program yang dirancang untuk melindungi atau mengamankan suatu kehidupan dalam hal ini ternak. Dalam kegiatan budidaya biosecurity merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk melindungi ternak dari bahaya serangan penyakit atau semua tindakan yang merupakan pertahanan pertama untuk pengendalian wabah dan dilakukan untuk mencegah semua kemungkinan kontak/penularan dengan peternakan tertular, dan mencegah penyebaran penyakit. arti yang sederhananya adalah membuat kuman atau agen penyakit jauh dari tubuh ternak dan atau melindungi ternak jauh dari kuman atau penyakit. Sehingga dengan demikian jika ternak yang dipelihara ingin sehat, maka penerapan biosekuriti menjadi Tujuan Biosecuriti Menurut Dirjen Peternakan (2005) tujuan dari biosekuriti adalah mencegah semua kemungkinan penularan dengan peternakan tertular dan penyebaran penyakit. Penerapan biosekuriti pada seluruh sektor peternakan, baik di industri perunggasan atau peternakan lainnya akan mengurangi risiko penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit yang mengancam sektor tersebut.
Prinsip Biosecurity Menurut Jeffrey (1997), penerapan biosekuriti pada peternakan petelur dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu : a) isolasi, b) pengendalian lalu lintas, dan c) sanitasi. Pada umumnya biosekuriti dibagi dalam tiga tingkatan yaitu :
a.    Biosekuriti konseptual, yang merupakan dasar atau basis dari seluruh program pengendalian penyakit. Beberapa hal yang harus dikelola antara lain pemilihan lokasi peternakan khususnya kandang, pengaturan jenis dan umur ternak.
b.    Biosekuriti struktural, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan tata letak peternakan, pemisahan batas-batas unit peternakan, pengaturan saluran limbah peternakan, perangkat sanitasi dan dekontaminasi, instalasi tempat penyimpanan pakan dan gudang, serta peralatan kandang, dan
c.    Biosekuriti operasional, merupakan implementasi prosedur manajemen  untuk pengendalian penyakit di perusahaan terutama bagaimana mengatasi suatu infeksi panyakit menular.
Sejalan dengan peraturan Departemen RI (2008) bahwa penerapan biosekuriti pada peternakan dapat dilakukan dengan cara :
1)       lokasi peternakan berpagar dengan satu pintu masuk rumah tempat tinggal, kandang unggas serta kandang hewan lainnya ditata pada lokasi terpisah
2)       pembatasan secara ketat terhadap keluar masuk material (hewan/unggas, produk unggas, pakan, kotoran unggas, alas kandang, litter, rak telur) yang dapat membawa agen penyakit
3)       pembatasan secara ketat keluar masuk orang/tamu/pekerja dan kendaraan dari atau ke lokasi peternakan setiap orang yang masuk atau keluar peternakan harus mencuci tangan dengan sabun atau desinfektan
4)       mencegah keluar masuknya tikus (rodensia), serangga atau unggas lain seperti burung liar yang dapat  berperan sebagai vektor penyakit ke lokasi peternakan
5)       unggas dipisahkan berdasarkan spesiesnya
6)       kandang, tempat pakan/minum, sisa alas kandang/litter dan kotoran kandang dibersihkan secar teratur tidak membawa unggas sakit atau bangkai unggas keluar dari area peternakan unggas yang mati harus dibakar atau dikubur
7)       kotoran unggas diolah terlebih dahulu sebelum keluar dari area peternakan
8)       air kotor hasil sisa pencucian langsung dialirkan keluar kandang secara terpisah melalui saluran limbah ke tempat penampungan limbah (septik tank) sehingga tidak tergenang di sekitar kandang atau jalan masuk kandang.
Secara skema untuk menciptakan lingkungan peternakan yang bebas dari penyakit adalah :
1)  Penentuan Lokasi Kandang
2)  Penataan Tata Letak Kandang
3)  Management Pelaksanaan. 
 Bagaimana agen pengakit masuk ke peternakan ? Berbagai macam cara agen penyakit bisa masuk ke dalam lingkungan peternakan diantaranya adalah sebagai berikut :
a.     Terbawa masuk ketika bibit ternak datang
b.  Masuknya ternak sehat yang baru sembuh dari penyakit tetapi sekarang berperan sebagai pembawa (carrier),
c.       Masuknya hewan dari luar flok (transmisi horizontal)
d.   Tertular melalui telur-telur dari flok-flok pembibit yang terinfeksi. Contoh agen penyakit yang ditularkan dari induk keanak ayam adalah virus Egg Drop Syndrome dan virus Leukosis,bakteri Samonella pullorum, S. enteritidis, dan Mycoplasma serta Aspergillus.
e.   Terbawa masuk melalui kaki (sepatu), tangan dan pakaian pengunjung atau karyawan yang bergerak dari flok ke flok, misalnya berbagai penyakit virus dan bakteri (Salmonella, Campylobacter)
f.  Terbawa melalui debu, bulu-bulu atau sayap, dan kotoran (manure) pada peralatan dan sarana lain seperti truk, kandang ayam, tempat telur dll.
g.   Terbawa oleh burung-burung liar, predator (kumbang), rodensia (tikus), lalat, caplak, tungau dan serangga lain.
h.     Terbawa melalui makanan yang tercemar mikroorganisme di pabriknya
i.       Menular lewat air seperti berbagai jenis bakteri (Salmonella, Escherichia coli) dan fungi (Aspergillus) 10) Menular lewat udara seperti virus velogenik ND dan ILT. 11) Tertular melalui vaksin hidup atau kontaminasi vaksin.
Sanitaiser harus mempunyai sifat sebagai berikut:
1)     Merusak mikroorganisme,
2)     Ketahanan terhadap lingkungan,
3)     Sifat-sifat membersihkan yang baik,
4)     Tidak beracun dan menyebabkan iritasi,
5)     Larut dalam air,
6)     Bau yang ditimbulkan dapat diterima,
7)     Stabil dalam larutan pekat dan encer,
8)     Mudah digunakan,
9)     Banyak tersedia, murah dan mudah diukur dalam larutan yang telah digunakan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam sanitasi adalah :
a.    Ruang dan alat yang akan disanitasi,
b.    Metode yang akan digunakan,
c.    Bahan atau zat kimia serta aplikasinya,
d.    Monitoring program sanitasi,
e.    Harga bahan kimia yang akan digunakan,
f.     Keterampilam pekerja
g.    Sifat bahan atau produk dimana kegiatan tersebut akan dilakukan.

Desinfektan yang biasa digunakan untuk sanitaiser dikelompokkan dalam delapan grup yaitu:
1)     Alkohol larut, Contoh: etanol, isopropil alkohol, Cara kerja: koagulasi protein dan melarutkan membran, Konsentrasi : 70 – 90%
2)     Gas Sterilisasi, Contoh: etilen oksida, Cara Kerja: substitusi grup alkil di dalam sel dengan atom H yang labil.
3)     Gas Desinfektan, Contoh: formaldehid, Konsentrasi: larutan jenuh atau dalam bentuk gas
4)     d. Halogen, Contoh: khlorin, yodium, Cara kerja: oksidasi grup sulfhidril bebas, Konsentrasi: hipokhlorit (konsentrasi tertinggi)
5)     Fenol, Contoh: kreosol. Fenol semi sintetis, lisol, Cara kerja: koagulasi protein, menyebabkan kebocoran membran sel, Konsentrasi : kreosol – 2%, Lisol – 1%
6)     Deterjen Kationik, Cara kerja: pengerutan membran sel dan merusak permeabilitasnya, Konsentrasi : larutan 1/1000 – 1/500
7)     Deterjen anionik, Contoh: heksakhlorfen (G-11), tetrakhlorsalisilanilida, Konsentrasi: heksakhlorfen – septisol 2%, pHisoHex 3% a. Alkali : larutan NaOH sering digunakan veteriner untuk mencuci dan untuk desinfeksi kandang b. Hidrogen peroksida : dalam konsentrasi 3% digunakan untuk mencuci dan mendesinfeksi luka. c. Sabun: aktifitas bakterisidalnya lemah tetapi efektif untuk mencuci atau menghilangkan jasad renik. d. Komponen biguanida: misalnya khlorheksidin, bersifat bakterisidal, tetapi tidak efektif terhadap virus, spora, dan bakteri, biasanya dicampur dengan deterjen kationik.
8)     Dialdehida, Spektrum aktifitasnya paling luas, yaitu bersifat bakterisidal, virusidal, fungisidal, dan sporasidal Sanitasi terhadap sarana dan prasarana di lingkungan peternakan a. Desinfeksi Desinfeksi adalah suatu kegiatan untuk mematikan atau menghentikan pertumbuhan hama penyakit pathogen yang terdapat pada bermacam-macam permukaan baik Benda hidup maupun benda mati dengan mengunakan desinfektan.
Dalam melaksanakan kegiatan desinfeksi dan fumigasi beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut:
a)     Jenis bahan desinfeksi dan fumigasi harus efektif membunuh penyakit hewan sasaran dan toksisitasnya rendah.
b)     Tidak merusak ataupun merubah fisik peralatan, benda atau material.
c)     Tidak merusak lingkungan.
d)     Tidak membahayakan /aman bagi petugas pelaksana.
e)     Biayanya terjangkau.
Mekanisme Kerja Desinfektansia Berdasarkan proses-prosesnya, mekanisme kerja desinfektansia adalah seperti berikut ini:
1)     Denaturasi protein mikroorganisme, yaitu pada perubahan strukturnya hingga sifat-sifat khasnya hilang.
2)     Pengendapan  protein dalam protoplasma (Desinfektansia: zatzat halogen, fenol, alkohol, garam logam).
3)     Oksidasi protein (Desinfektansia golongan Oksidansia).
4)     Mengganggu sistem dan proses enzim (Desinfektansia: zat-zat halogen, fenol, alkohol, garam garam logam).
5)     Modifikasi dinding sel /membran sitoplasma (Desinfektansia dengan aktivitas permukaan).


Faktor - Faktor yang Mempengaruhi daya kerja desinfektansia banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya kerja desinfektansia, diantaranya ialah:
a.     Jenis desinfektansianya.
b.     Konsentrasi.
c.      Lama waktu exposure.
d.     pH.
e.     Zat pelarut.
f. Terdapatnya zat-zat organis (Lemak, sabun, protein, darah, nanah dan sebagainya).
Klasifikasi Desinfektansia Ada beberapa kelompok atau golongan desinfektansia diantaranya:
1.  Senyawa Halogen: Povidon-iod, iodoform, Ca-hipoklorit, Nahipoklorit (Eusol, Dakin), tosilkloramida, klorheksidin, kliokinol, heksaklorofen, triklokarban, dan triklosan.
2.      Derivat fenol: Fenol, kresol, resorsinol, dan timol.
3.    Zat-zat dengan aktivitas permukaan: Cetrimida, cetylpiridinium, benzalkonium, dan dequalinium.
4.     Senyawa alkohol, aldehida, dan asam: Etanol, isopropanol; formaldehida, glutaral; asam asetat dan borat.
5.     Senyawa logam: Merkurilklorida, fenil-merkurinitrat dan merbromin, peraknitrat dan silverdiazin, sengoksida.
6.     Oksidansia: Hidrogenperoksida, sengperoksida, Na-perborat (Bocasan), kaliumpermanganat, dan kalium klorat.
7.     Lain-lainnya: Heksetidin dan heksamidin, nitrofural, belerang, ichtammon, etilen-oksida, oksikinolin (Superol), dan acriflavin.
Teknik Aplikasi Desinfektan Adapun teknik mengaplikasikan desinfektansia meliputi:
1)    Oles.
2)    Spraying (Semprot).
3)    Dipping (Rendam).
4)    Spraying dan Dipping (Semprot , sekaligus rendam).
Gunakan alat keselamatan kerja untuk petugas berupa masker, topi,sarung tangan karet, sepatu lars karet, dan alat-alat tambahan lain apabila diperlukan.
b. Fumigasi

Fumigasi (Pengertian menurut PP No. 82 Tahun 2000 Penjelasan Pasal 1 angka 21): adalah upaya yang dilakukan untuk membebaskan media pembawa dari jasad renik dengan cara pemberian uap fumigan, antara lain seperti KMn O4 dll.

5 komentar:

  1. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman dari dia, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah kamu dengar tetapi aku adalah saksi dan jika aku mengatakan kebohongan semoga ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Ny. Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM hanya menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi pada nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  2. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian ibu Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk bersaksi kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Dapat juga hubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Annisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  5. PROMO! PROMO! PROMO !!!!

    Apakah Anda tertarik dengan pinjaman? Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 1% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Industri Bank.

    Hubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    PERUSAHAAN PINJAMAN
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(914)705-7484
    Whatsapp: +1(914)705-7484
    Manajer Cabang: + 1-267-725-6459
    Manajer Cabang Whatsapp: + 1-267-725-6459
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016-34001

    BalasHapus

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates