Pages

Ads 468x60px

Text Widget

Kamis, 16 Februari 2017

Arti magang bagi siswa SMK, dan kenangan tak terlupakan selama di DUDI


Magang atau terkenal dengan sebutan Prakerin yaitu Praktik Kerja Industri merupakan rangkaian kegiatan belajar siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan. Prakerin inilah salah satu yang membedakan system pembelajaran di SMA dan SMK.  Prakerin adalah model penyelenggaraan pendidikan memadukan secara utuh kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuaruan melalui kegiatan praktik langsung dilapangan kerja. Prakerin dilaksanakan berpedoman pada UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 29 tahun 2009 tentang Pendidikan Menengah, Permendikbud No 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan struktur Kurikulum SMK, Kepmendikbud No 323/U/1987, tentang Pendidikan Sistem Ganda
Setelah mereka melaksanakan magang siswa kejuruan diharapkan siswa dapat mempelajari kebiasaan kerja (habbit of working) dan cara hidup (way of life) di dunia usaha dan didunia industry (DU/DI).  Selanjutnya siswa  belajar sambil bekerja (learning by doing) untuk memahami bagaimana bekerja secara professional, dan setelah mereka memiliki kemampuan dan keterampilan bekerja secara professional mereka mampu mempromosikan diri bahwa mereka mampu melaksanakan pekerjaan secara professional (promotion of job).
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan prakerin antara lain adalah siswa SMK diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan dilapangan kerja.  Meningkatkan professional dibidangnya serta menambah wawasan tentang struktur organisasi, jenjang karir dan teknik yang baik dalam dunia usaha.  Melahirkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental, kemamdirian, kerjasama, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat.  Dan yang berikutnya memberikan motivasi sehingga siswa bersemangat meraih cita-citanya.


Testimony siswa SMK yang magang di DUDI
1.    Siswa magang di BIB Sembawa  UPT Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan

Hari itu keberangkatan aku dan teman-teman ke dunia usaha dan dunia industry (Du/ DI) yang baru pertama kalinya. Sesampai ketempat tujuan kmi disambut oleh kepala Balai dengan rasa hormat dan kami pun merasa sangat dihargai datang ketempat tersebut. Oh iya saya hampir lupa ni perkenalkan dulu saya Eko Ryos Setiawan siswa dari SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III, tinggal di Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Saya anak pertama dari 4 saudara.
     Hari pertama di BIB aku dan teman-teman beres-beres tempat yang akan kami tempati, keesokan harinya aku dan teman-teman mulai bekerja, kami pun diberi tugas masing-masing hingga aku diberikan tugas oleh pembimbing di pemeliharaan sapi pejantan. Kegiatan yang dilakukan di pemeliharaan meliputi membersihkan tempat pakan dan minum, memberikan pakan dan minum, membersihkan kotoran ternak dan juga memandikan sapi.
     Cara pemberian pakan untuk hijauan pakan ternak 10% dari bobot badan, konsentrat 1% dari bobot badan sapi dan pemberian minum diberikan secara adlibitum (terus menerus). Pada minggu ke-3 aku mendapatkan tugas di kesehatan hewan, kegiatan yang dilakukan di keswan meliputi sanitasi, pegontrolan kondisi ternak, pemberian vaksin dan obt-obatan, pemotongan kuku sapi pejantan satu tahun 2 kali. Selama dikeswan aku melakukan penyuntikan subcutan (bawah kulit) dengan obat fowlfox dosis 5 ml/ekor sapi.
Di minggu ke-5 aku ditugaskan di HPT (Hijauan Pakan Ternak) kegiatan di HPT meliputi pembukaan lahan, penggemburan tanah, penanaman hijauan, pemupukan, penyiraman. Penyiraman dilakukan setiap hari jika musim kemarau dan musim hujan dikondisikan. Selama di HPT aku belajar mengendarai traktor, ternyata mengendarai traktor itu menyenangkan.


Minggu ke-7 aku ditugaskan di penampungan semen (sperma) kegiatan yang dilakukan dipenampungan meliputi penyiapan alat, penyiapan sapi pejantan, untuk dibawa kepenampungan sapi yang dibawa 2 ekor yang akan dijadikan tisser (pemancing) dan bull (pejantan). Setelah alat dan pejantan sudah siap dilakukan tossing (pemanasan) sampai penis kelihatan kemerah-merahan, dilakukan pengambilan semen dengan cara memasukan vagina buatan kedalam penis pejantan, selesai pengambilan semen di transfer ke laboraturium untuk dilakukan pemeriksaan.
Minggu ke-9 aku ditugaskan di laboraturium kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksan semen seperti melihat embrio yang hidup dan mati agar dapat mengetahui sperma bisa dipakai untuk di IB atau tidak. Fertilitas  diatas 70% baru siap untuk di pakai IB (Inseminasi Buatan). Diminggu terakhir aku dan teman-teman melakukan evaluasi kepada pembimbing untuk mengasah ilmu pengetahuan yang telah kami dapat selama prakerin di DU/ DI.
Selain di BIB Provinsi Sumatera Selatan , saya juga melaksanakan prakerin di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk sewaktu kelas 11 dan prakerin di Balai Penelitian Ternak Ciawi- Bogor pada kelas 12 SMK.
2.    Siswa magang di BPTU – HPT Sembawa,  Kementerian Pertanian

Salam kenal nama saya Remulti Bintang saya saat ini sedang bersekolah di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. saya akan menceritakan kesan-kesan saya selama melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) di Balai Pembibitan Ternak Unggul - Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Sembawa prakerin yang saya laksanakan mulai dari tanggal 15 september - 28 november 2014. disana saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga yang pada awalnya saya kurang mengetahui apa itu dunia peternakan?, bagaimana cara menangani hewan ternak dengan baik dan benar?, bagaimana rasanya dunia kerja?, semuanya terjawab setelah saya melaksanakan prakerin di BPTU-HPT sembawa. adapun kegiatan yang pernah saya lakukan sebagai berikut: pemeliharaan ternak ayam, pemuliaan dan IB ternak ayam, kesehatan ternak ayam, penetasan dan sexing, konsentrat pakan sapi, konsentrat pakan ayam, pemeliharaan ternak sapi, pemuliaan dan IB ternak sapi, kesehatan ternak sapi, pemasaran dan distribusi, biosecurity, biogas, bokashi, dan hijauan pakan ternak. 

Disamping magang di BPTU Sembawa saya juga pernah magang di Agrotechnopark pada kelas 11 dan Balitnak Ciawi Bogor di Kelas 12.
3.    Siswa magang di Agrotechnopark Ogan Ilir,  Kemenristekdikti



ATP (agrotechnopark) indralaya utara adalah tempat magang saya yang ke dua perkenalkan nama saya Elsi saya adalah siswa SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin lll saya melaksanakan magang di ATP selama 2 bulan 1 minggu mulai tanggal 3 agustus sampai 10 oktober 2015. Saya mempunyai cerita dan kesan-kesan yang tidak pernah saya lupakan saya mendapatkan ilmu yang sangat berharga dan  saya mendapatkan pengalaman seperti saya bisa langsung belajar di sana secara langsung yang sangat bermanfaaat seperti saya  bisa melakukan langsung praktik di lapangan secara langsung saya melakukan mengambil rumput sapi dan  saya bisa belajar mengendari teraktor  dan saya memanen telur di kandang begitu banyak cerita saya di sana yang saya tidak mungkin saya lupakan sampai kapan pun itu dan saya mempunyai cerita sama teman-teman saya,kami jalan-jalan ke sebuah prioritas putsal saya sangat asik dalam kebersamaan kami . sekian cerita saya yang sangat bahagia sekali  dan saya mempunyai teman yang selalu bersama ketika magang yaitu Rapili cerita nya akan diteruskan oleh teman saya..


Hay guys nama saya Rapili saya akan bercerita tentang pengalaman saya magang saya yang kedua di ATP (AGROTECHNOPARK) disana saya mendapatkan banyak pengalaman terutama dikandang ayam saya mendapatkan ilmu dan cara mengetahui menghitung pakan yang dibutuhkan ayam selain itu saya bisa tau apa itu PKB yaitu pemeriksaan kebuntingan dikandang sapi.saya disana cukup banyak mendapatkan banyak ilmu selain itu saya mendapatkan pengalaman yang tak bisa terlupakan yaitu saya diajak pergi  keprioritas futsal, demikianlah cerita saya dimagang kedua sekian dari saya.

4.    Siswa magang di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi Bogor,  Kementerian Pertanian

Nama saya Keren Hapukh Hutagaol,saya adalah siswa SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. Saya mempunyai cerita yang tak terlupakan pada saat menjalani Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu Praktek kerja industri (Prakerin). Ilmu yang saya dapat sangatlah berharga, karena ilmu yang saya dapat tidak semua saya dapatkan disekolah.



Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, saya juga mendapatkan pengalaman seperti apa bekerja menjadi karyawan yang sesungguhnya.
Dari Prakerin tersebut saya mendapatkan sebuah pelajaran hidup yang dapat menjadikan saya menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

Karena saya prakerin nya jauh dari orang tua, saya dituntut untuk menjadi seorang pelajar yang mandiri (mandiri dalam keuangan maupun sikap) serta dapat memposisikan diri terhadap lingkungan sekitar. Saya telah melaksanakan magang tiga kali yaitu di BPTU-HPT Sembawa, Agrotecnopark Indralaya dan Balitnak Ciawi Bogor.

5.    Siswa magang di PT Anugerah Satwa Langkan Banyuasin

Nama saya Husni Novian W, saya adalah siswa SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III, dari Program Studi Agribisnis Ternak Unggas kelas 12, saya telah melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran yang di lakukan di sekolah salah satunya kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan dalam 3 tahapan yakni pada kelas 10 di BIB Sembawa, Kelas 11 di BPTU-HPT Sembawa, dan pada kelas 12 di PT Anugerah Satwa Langkan, Banyuasin. Adapun hal - hal yang saya dapatkan dalam melaksanakan kegiatan Prakerin yaitu pada Prakerin tahap pertama saya dapat belajar pemeliharaan Bull dan menanam hijauan pakan dan pencegahan penyakit PMK pada sapi. Prakerin tahap kedua melaksanakan inseminasi buatan pada ayam arab sembawa, Prakerin tahap ketiga saya dapat mengetahui proses pemeliharaam ayam Petelur mulai dari chick in sampai dengan pemanenan, dan mengetahui tata cara pembuatan brooding, bedah ayam, vaksinasi dan pemanenan. Pemeliharaan DOC sampai pullet, pemeliharaan ayam jantan petelur serta self mixing.

6.    Siswa magang di PT Japfa Comfeed Tbk. unit Hachery Segayam Gelumbang



Perkenalkan nama saya Rizky Nurwahid, umur 17 tahun dan saya sekarang masih duduk di kelas XII SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. Di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III memiliki 5 program studi yaitu: Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Perikanan dan Multimedia. program studi yang saya pilih adalah Agribisnis Ternak Unggas karena sejalan dengan cita-cita saya yaitu untuk menjadi seorang dokter hewan dan juga menjadi seorang pengusaha.
Setiap tahunnya, di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III melakukan Pratek Kerja Industri di berbagai industri negeri maupun swasta. Saya telah melakukan Praktek Kerja Industri di BPTU-HPT SEMBAWA pada tahun 2014 dan dua kali melakukan Praktek Kerja Industri di PT. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk. pada tahun 2015 dan 2016.
Setelah praktik kerja industri di BPTU-HPT SEMBAWA, saya mendapatkan banyak sekali ilmu tentang bagaimana cara pemeliharaan ayam arab, ayam merawang dan ayam kapas dengan baik, lalu bagaimana cara memelihara sapi brahman dengan baik, kemudian mengetahui cara pembuatan pupuk bokhasi dan mengetahui beberapa hijauan pakan ternak.
Selanjutnya dua kali praktek kerja industri di PT. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk. Banyak sekali ilmu yang telah saya dapatkan selama praktek kerja industri seperti biosecurity, grading telur, sexing DOC, grading DOC, vaksinasi, debeaking dan masih banyak lagi.

7.    Siswa magang di PT Super Unggas Jaya wilayah Sumbagsel

Perkenalkan nama saya Ramadhan Al Qodri, saya adalah siswa SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III, dari Program Studi Agribisnis Ternak Unggas kelas 12, saya telah melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran yang di lakukan di sekolah salah satunya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau lebih tepatnya Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan dalam 3 tahapan yakni pada kelas 10 di BPTU HPT Sembawa, Kelas 11 di PT Jafpa Comfeed Indonesia, Tbk unit hatcry segayam, dan pada kelas 12 di PT Super Unggas Jaya, unit palembang. Adapun hal - hal yang saya dapatkan dalam melaksanakan kegiatan Prakerin yaitu pada Prakerin tahap pertama saya dapat melaksanakan inseminasi buatan pada ayam arab sembawa, Prakerin tahap kedua saya dapat mengetahui proses penetasan ayam broiler sampai dengan grading, sexsing dan vaksinasi DOC.Prakerin tahap ketiga saya dapat mengetahui proses pemeliharaam ayam broiler mulai dari chick in sampai dengan pemanenan, dan mengetahui tata cara pembuatan broding, bedah ayam, vaksinasi dan pemanenan.
8.    Siswa magang di Adit & Hafizon Farm

Hy teman perkenalkan nama saya Ferdana Kusuma saya sedikit akan membagikan pengalaman saya selama prakerin tahap III di kandang Adit Dan Hafizon yg telah berlangsung selama bulan september 2016 yg laluKandang adit dan hafizon merupakan kandang ayam milik bapak Rahmadi, S.TP yg berlokasi di Desa Petaling Kec Banyuasin III awal mula pada tahun 2010 jumlah kandang hanya berjumlah 4 kandang dgn ukaran masing masing 40×8m dan populasi 12.000 ekor dan diberi nama kandang ADIT . kemudian pada tahun 2014 pak Rahmadi kembali membangun kandang ayam 2  dengan populasi 8.000 dan dengan ukuran 50×8m dan diberi nama kandang HAFIZON yg lokasinya tepat di samping kandang ADIT dan sampai saat ini kandang ayam pak Rahmadi yg berada di Desa Petaling lebih dikenal dengan nama kandang ADIT dan HAFIZON
Dikandang Adit Dan Hafizon sendiri saya benyak mendapakan ilmu tentang pemeliharaan ayam broiler secara menyeluruh mulai dari persiapan kandang sebelum DOC masuk, Chick in, fase brooding, pembongkaran litter, fase starter, fase fhinisher, pengaturan suhu dan cahaya, program pemberian pakan, program pencegahan penyakit serta manajemen pemasaran selain itu hal yg memudahkan saya selama prakerin di kandang Adit Dan Hafizon adalah sang pemilik kandang yaitu bapak Rahmadi beliau orang yg disiplin akan waktu dan termasuk orang yg humoris bukan hanya beliau yg tapi juga pegawai kandang adit dan hafizon juga termasuk orang orang yg humoris.
Dengan banyaknya ilmu yg didapat selama saya prakerin di kandang Adit Dan Hafizon saya rasa tidak berlebihan jika saya berpendapat kalau kandang adit dan hafizon layak disetarakan dengan tempat prakerin yg lain yang telah terkenal dan bonafit sekalipun. Sebelumnya saya juga magang di BPTU-HPT Sembawa pada kelas 10 dan di PT Japfa Comfeed Tbk. Unit Hacthery segayam pada kelas 11.

2 komentar:

 

Salam

Banner Header

iklan monggo

Banner Header

Anda tertarik

Banner Header

Sukses

Banner Header

Iklan disini

Banner Header

Silahkan hubungi

Banner Header

Berjamaah

Banner Header

Iklan jugo

Banner Header

085368986578

Banner Header
 
Blogger Templates